Senin, 03 Juni 2013

Merawat Blazer

Blazer tidak hanya digunakan formal untuk acara Kantor. Fashion blazer sudah IN sejak lama. Kini banyak yang memakai non-formal blazer untuk bepergian, apalagi untuk Anda yang suka jalan-jalan ke mall. Disini kita akan membagikan tips cara merawat blazer yang kalian punya :)
1. Segera Tangani Noda:
Noda apa pun, jika dibiarkan terlalu lama Akan semakin sulit untuk dibersihkan terutama pada jenis pakaian dengan material yang cenderung tebal seperti blazer. Jadi ketika situasi darurat terjadi, seperti misalnya tidak sengaja menumpahkan saus tomat ke bagian kerah blazer, segera basahi area yang terkena noda dengan air dan sedikit sabun. Setelah itu, bekas air bisa dikeringkan menggunakan dryer atau dengan menekan-nekan tisu yang tidak mudah hancur pada bekas yang basah. 
2. Dibalik, Direndam dan Dibilas:
Untuk blazer kesayangan dan material khusus seperti sateen dan silk, jangan sama ratakan dengan baju-baju lain yang bisa dicuci langsung di mesin cuci. Cuci secara terpisah dengan menggunakan deterjen cair tanpa banyak mengucek. Cukup rendam beberapa menit agar kotoran terlepas, lalu di bilas hingga bekas sabun cuci hilang. Jangan lupa untuk mencuci blazer dengan posisi bagian dalam di luar untuk melindungi permukaan blazer. Ini metode mencuci yang paling hemat tenaga.
3. Avoid Crumpling the Blazer:
Mungkin yang satu ini kurang familiar untuk digunakan, tapi tidak ada salahnya buat dicoba. Untuk menghindari blazer yang kusut karena di remas-remas secara sembarangan dalam ember kecil, kita bisa menggunakan baskom dengan bentuk agak lebar dan memanjang ketika merendam blazer. Dengan menggunakan wadah yang cukup untuk blazer di rentang Kan, blazer Akan lebih mudah di rapih kan
4.  Selalu di Gantung:
Blazer adalah outwear yang mempunyai siluet yang jelas dengan potongan bahu yang tegas serta garis pinggang yang sesuai dengan bentuk tubuh. Dengan kondisi yang seperti ini, hindari melipat blazer dan gunakan Gantungan (hanger) baju, baik dalam menjemur maupun menyimpan blazer. Gunakan hanger yang didesain sesuai dengan bentuk bahu pakaian dengan material yang tebal dan cenderung keras. 
5.  Sebisa Mungkin Tidak Di Setrika:
Langkah berikutnya, setelah selesai dengan rutinitas cuci-mencuci adalah menyetrika. Dalam kamus blazer kegiatan menyetrika bisa di langkahi. Tujuan mencuci blazer dengan menggunakan wadah yang lebar adalah untuk minimalize kerutan pada bahan blazer yang tebal.
6.  Ketika Sangat Harus di Setrika:
Terkadang blazer dengan bahan yang tipis tampak kusut setelah dicuci. Untuk menyetrika Nya hindari kontak langsung antara besi panas setrika dengan permukaan blazer. Lapis permukaan blazer dengan kain putih semacam bed sheet lalu setrika blazer seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar